Selasa, 16 Juni 2009

* Fenomena Komunikasi


Seperti Pondok tak berpenghuni Kosong,tak terawat. Begitulah nasib
Blog ini...Setelah sekian Lama...ditinggal.....

Berawal dari munculnya fenomena penting dalam dunia komunikasi, khususnya yang berkenaan dengan “media baru” (new media), yaitu social network media, misalnya Facebook. Media baru ini bukan sekadar media yang baru yang merupakan bentuk lama yang diperbarui. Bukan pula media yang kemunculannya baru. Media baru adalah media komunikasi yang memiliki sifat-sifat lebih rumit dalam hal penggunaannya, dalam hal pembuatannya, dan dalam hal efek dari komunikasi yang dilakukan dengan media tersebut.

Media baru ini penting bagi siapa pun karena setiap orang membutuhkan komunikasi dalam hidupnya. Sehingga, setiap orang mestinya dapat mencermati kemunculan media baru ini demi keuntungan dalam kehidupannya. Oleh karena itu, setiap orang mestinya juga memiliki kemampuan untuk mengenal, mengakses, memanfaatkan, mengerti pesan yang terdapat di media baru itu, dan bahkan memproduksinya. Inilah yang dikenal dengan istilah “media literacy”.

Fenomena baru inilah yang kemudian mendorong saya untuk menunaikan tugas akademik dengan cara melakukan penelitian terhadap Facebook sebagai salah satu bentuk dari media baru. Hasil penelitiannya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh siapa pun untuk meningkatkan media literacy yang sudah disebutkan tadi.

Begitulah, mengapa blog ini mangkrak. Kemampuan waktu dan konsentrasi menyebabkan blog ini tidak mendapatkan semestinya. Kini, saya kembali ke sini. Walaupun, belum sepenuhnya. Terimalah kedatanganku kembali ya… hiks hiks hiks....

0 komentar:

--" Awas!! Coment gak pantas Kena ban otomatis..."
Bagi kAmu Yang Ngaku Anak KomuNikAsi
** Devi Windasari. blogspot.com**
JellyMuffin.com - The place for profile layouts, flash generators, glitter graphics, backgrounds and codes